Wanita yang Mengidap Wasir, Bolehkah Melahirkan Secara Normal?

Wanita yang Mengidap Wasir, Bolehkah Melahirkan Secara Normal?

 Obat Wasir Stadium 3
Wanita yang Mengidap Wasir, Bolehkah Melahirkan Secara Normal?,- Wanita yang sedang hamil pasti akan merasakan kekhawatiran apa yang akan terjadi pada anak yang dikandungnya. Apalagi jika si Ibu sedang mengidap wasir. Pasti akan timbul pertanyaan di benak mereka, apa yang harus dilakukan? Bolehkah melahirkan secara normal. Untuk itu kami akan membagikan beberapa tips kepada anda.

Beberapa persiapan berikut dapat dilakukan untuk mengurangi resiko.

Baca juga: Obat Wasir
  • Kunjungan kehamilan secara rutin akan membantu dokter memantau kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda
  • Konsumsi asam folat, kalsium, zat besi, vitamin D dan nutrisi penting lainnya
  • Menambah berat badan dengan bijak
  • Tetaplah aktif. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meringankan atau bahkan mencegah ketidaknyamanan yang dirasakan selama kehamilan, meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini juga dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk persalinan. Diskusikan jenis latihan apa yang dapat dilakukan ketika hamil dengan dokter
  • Hindari zat berbahaya seperti alkohol, tembakau dan obat-obatan terlarang selama kehamilan
  • Tanyakan kepada dokter tentang pengujian prenatal kelainan kromosom, seperti pemeriksaan DNA, pemeriksaan chorionic villus sampling dan amniosentesis. Metoda pemeriksaan ini ada yang dapat memicu terjadinya keguguran, maka diskusikan lebih lanjut dengan dokter untuk menimbang manfaat dan kerugiannya.

Persalinan dengan wasir stadium tinggi biasanya tidak dilakukan, karena persalinan itu sendiri dapat memperberat gejala wasir. Wasir atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Stadium I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Stadium II: wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Stadium III: wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan
  • Stadium IV: wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir stadium 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala. Jika sudah Stadium 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi. 

Apakah Anda sudah pernah memeriksakan keluhan wasir Anda? Apa yang dikatakan dokter? Stadium berapakah wasir yang Anda alami sekarang? Apakah sekarang ada keluhan? Sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter untuk diketahui kondisi hemorrhoid Anda. Karena hemorrhoid terbagi beberapa stadium seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Bila sudah parah tentunya membutuhkan penanganan lebih lanjut hingga operasi.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Bila memang kondisi hemorrhoid  Anda masih ringan, tidak masalah bila Anda ingin melahirkan secara normal. Hemorrhoid tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada bayi Anda, namun proses persalinan normal itu sendiri memang dapat memperberat hemorrhoid Anda. Kami sarankan sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dan optimal serta memilih proses kelahiran yang lebih aman baik bagi ibu maupun janin.

Sumber: Obat Wasir Stadium 3